PEMILUKADA 2020

Temui Warga Tubo, Yamin Tawary : Batik Tubo Harus Dikembangkan

TERNATE, MONITORMALUT.com – Calon Wali Kota Ternate, Mohammad Yamin Tawary, akan menjadikan Batik Tubo sebagai baju dinas sehari dalam seminggu, jika dia terpilih sebagai Walikota Ternate periode 2020-2025.

Hal ini disampaikan Yamin saat bersilaturahmi dengan masyarakat Kelurahan Tubo, Senin (30/12), malam.

Menurut Yamin, Batik Tubo yang merupakan salah satu karya orang Ternate, mesti mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Ternate, supaya industri ini bisa berkembang secara nasional, bahkan internasional.

“Bagi saya, sebagai langkah pertama, Batik Tubo harus jadi pakaian dinas satu hari, entah hari apa, nanti diatur. Supaya Batik Tubo bisa terpromosi secara luas,” jelas Yamin.

Yamin melanjutkan, penerapan Batik Tubo sebagai baju dinas bukan hanya berlaku bagi pegawai di lingkungan pemerintahan. Untuk pegawai swasta di Kota Ternate pun akan diberlakukan.

“Kita bayangkan, kalau dalam sehari itu pegawai pemerintahan pake, pegawai hotel pake, itu kan luar biasa dampaknya,” ucap Yamin menambahkan.

Yamin yakin, dengan cara itu industri Batik Tubo semakin berkembang, menyerap tenaga kerja semakin banyak.

“lambat laun, Batik Tubo mampu mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan industri ini,” tambahnya.

Yamin Tawary mengaku, tidak hanya Batik Tubo yang akan dikembangkan tapi musik tradisional Gala Tubo, termasuk para petani pun akan diperhatikan.

Sementara itu, Fahnan, salah satu warga Tubo yang hadir dalam silaturahmi itu mengaku kagum dengan ide yang disampaikan Yamin Tawary.

“Ini ide yang bagus, tapi kami tetap mengharapkan kalau Pak Yamin terpilih jangan lupa petani, karena kami kebanyakan petani,” harap Fahnan.

Yamin mengatakan, mengenai petani dirinya akan memberikan perhatian serius, bukan saja untuk msyarakat Tubo, tetapi seluruh petani Ternate akan diberdayakan untuk mengembangkan peternakan dan pertanian holtikurtura.

“Tujuannya untuk memenuhi pasokan ke pasar Ternate. Selain itu, perlu diversifikasi produk kelapa agar petani kelapa tidak bergantung lagi pada kopra yang harganya sangat turun drastis,” tutupnya. (mm05)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close