EKONOMI

Harga BP Dan BM Meroket Di Ternate Akibat Wabah Virus Corona

TERNATE, Monitor Malut– Sudah sepekan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti Bawang Putih dan Bawang Merah disejumlah pasar tradisional di Kota Ternate mengalami lonjakan. Lonjakan harga yang terjadi khususnya pada Bawang Putih tersebut, diduga akibat stok impor dari China dihentikan terkait adanya wabah Virus Corona. Sementara, untuk kenaikan harga pada Bawang Merah sendiri, terjadi karena pasokan berkurang.

Seperti pantauan di Pasar Tradisional Bahari Berkesan Ternate, harga Bawang Putih yang sebelumnya dijual dengan harga RP. 35 ribu, naik menjadi RP. 55 ribu rupiah.

Kenaikan harga pada bawang putih itu, diduga disebabkan oleh impor Bawang Putih dari China dihentikan terkait adanya wabah Virus Corona yang terjadi disejumlah kota di negara tersebut. Sehingga, pasokan yang tersisa di agen semakin menipis.

Begitu juga yang terjadi pada komoditi Bawang Merah, mengalami kenaikan harga yang sama mencapai 20 persen. Yakni, dari harga sebelumnya RP. 35 ribu, dijual menjadi RP. 55 ribu. Kenaikan harga komoditas bumbu dapur tersebut, disebabkan pasokan dari luar Ternate berkurang.

Salah satu penjual Barito, Ato menjelaskan, kenaikkan harga terjadi karena harga yang diterapkan agen mengalami kenaikkan dengan alas an stok berkurang.

“Penyebab itulah kami tidak dapat berbuat banyak dan terpaksa menaikkan harga dipasaran karena membeli dengan harga yang mahal,” tutur Ato.

Meski demikian, untuk harga komoditi lainnya, seperti tomat, rica, beras dan minyak goreng masih relatif stabil. (DS)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close