PEMILUKADA 2020

Maju Sebagai Cawali Ternate, Program Kerja Yamin Tawari Dikagumi Warga Ake Taduma

TERNATE, Monitor Malut-  Bakal Calon Wali Kota Ternate, Mohammad Yamin Tawary, terus menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan warga.

Sekira pukul. 20. 30 WIT, Senin,  17 Februari 2020, Yamin bersama tim pemenangnya tiba di Kelurahan Afe Taduma, Pulau Ternate.

Setelah tiba, Yamin disambut warga seraya berjabat tangan. Yamin menggunakan bahasa daerah Ternate yang lancar dan lincah membuatnya lebih cepat akrab dengan warga di sana.

Sehabis memperkenalkan diri, Yamin secara tegas menjelaskan, secara umum tugas seorang wali kota hanya dua yakni membangun kota dan sejahterakan rakyatnya.

Menurut Yamin, majunya sebuah kota dan sejahtera rakyatnya sangat tergantung pada bagaimana walikota memampukan rakyat dalam hal daya beli.

“Keluarga disebut sejahtera bila memiliki kemampuan daya beli terhadap bahan-bahan kebutuhan dasar hidup,” ungkap Yamin.

Foto : Suasana Silaturahmi Calon Wali Kota ternate, Mohamad Yamin Tawari Bersama Warga Ake Taduma

Yamin menambahkan, karena itu rakyat harus bekerja supaya ada pendapatan. Di samping pemerintah bisa membebaskan biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan dan kesehatan.

Bukan hanya itu, tapi pemerintah perlu mengontrol laju inflasi harga-harga barang terutama harga kebutuhan pokok agar rakyat bisa menghemat pengeluaran.

“Jadi, rakyat mendapat penghasilan disatu sisi, dan bisa mengontrol pengeluaran sesuai dengan daya jangkaunya, dengan begitu rakyat memiliki kemampuan daya beli,” ketusnya.

Dikatakan Yamin, semua sektor yang berpeluang mendatangkan lapangan pekerjaan perlu ditingkatkan.

“Misalnya, pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, infrastruktur, potensi ekonomi lokal seperti batik tubo, kadera moya, sirup pala dan dunia digital dan ekonomi kreatif,” sebut Yamin.

Yang terpenting, kata dia, ada keberpihakan baik anggaran, peraturan dan kebijakan serta walikotanya  rajin mengikuti perkembangannya.

“Karena terbuka lapangan pekerjaan yang banyak, kalau banyak tumbuh pengusaha. Karena pengusaha yang bisa membuka lapangan kerja sektor swasta, baik pengusaha informal, pengusaha kecil, menengah ataupun besar,” bebernya.

Om Misi, seorang warga Afe Taduma mengaku, penjelasan seperti apa yang disampaikan Yamin adalah baru pernah terjadi. Beberapa calon yang datang tidak pernah seperti ini.

“Ya, kami sangat kagum dengan apa yang disampaikan Pak Yamin, pak Yamin memang calon yang cerdas,” tutupnya. (**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close