MONITOR UTAMA

Berlabuh Di Ternate, 19 ABK Kapal KM. Doro Londa Positif Reaktif Rapid Tes Covid- 19

TERNATE, Monitor Malut– Guna memperketat pintu masuk di Ternate melalui pelabuhan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Propinsi Maluku Utara (Malut) dan Kota Ternate, mengevakuasi sebanyak 19 Anak Buah Kapal (ABK) KM. Doro Londa yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, di Kelurahan Kota Baru, Kota Ternate Tengah, Kamis (16/ 04/ 2020) sekitar pukul 16.00 Wit.

Setibanya kapal di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, 19 ABK KM. Doro Londa itu, langsung diturunkan oleh petugas gabungan, untuk dievakuasi ke ruang isolasi untuk menjalani karantina.

Mereka dievakuasi karena sebelumnya menjalani Rapid Test oleh Tim Kementerian Kesehatan Pelabauhan (KKP) Ternate, dan hasilnya dinyatakan terkonfirmasi reaktif positif Covid- 19. Dimana, kapal mereka sebelumnya melakukan transit disejumlah pelabuhan seperti, Pelabuhan Jakarta, Ambon dan berlabuh di Pelabuhan Ternate.

Selanjutnya, ke 19  ABK itu, langsung dibawah petugas menggunakan Mobil Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Mobil Ambulance yang dikawal aparat kepolisian ke gedung isolasi untuk menjalani karantina selama 14 hari.

Foto : 19 ABK Kapal KM. Doro Londa, Saat Dievakuasi Petugas Menggunakan Mobil BNPB Menuju Ke Ruang Isolasi Untuk Dikarantina

Sekretrasi Tim Gugus Tugas Covid- 19 Malut, Syamsudin Abdul Kadir menjelaskan, langkah evakuasi yang dilakukan tersebut, merupakan tindakan untuk memperketat pintu masuk ke Ternate melalui pelabuhan, guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus atau Covid- 19. Selain itu, untuk mencegah mereka berinteraksi dengan orang lain.

“Kesembilan 19 ABK ini, akan menjalani masa karantina dengan batas waktu yang nantinya akan dibicarakan diinternal melalui rapat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19”, terang Syamsudin.

Tambahnya, meski demikian, kapal KM. Doro Londa sendiri tetap beroperasi seperti biasa dengan tujuan Pelabuhan Bitung, Propinsi Sulawesi Utara.

“Kapal tetap berlayar meski 19 ABK mereka saat ini menjalani karantina diruang isolasi”, tutupnya. (DS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close